Prodi Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya Berhasil Lakukan Uji Coba Kincir Air Di Sungai Kahayan


Program Studi Tadris Fisika bekerjasama berhasil melakukan ujicoba pembangkit listrik tenaga kincir air di Sungai Kahayan, Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangka Raya pada  hari sabtu tanggal 25 Juli 2020.

Tujuan dari pengembangan kincir air sebagai pembangkit Listrik Tenaga Air di Provinsi Kalimantan tengah sungai kalimantan memiliki potensi sumberdaya air yang sangat besat yang mengalir sepanjang tahun dengan debit dan ketinggian yang relatif cukup apabila dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif serta diharapkan berguna bagi masyarakat di daerah terpencil.




Penelitian ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya yang diketuai Suhartono, M.Pd.Si. Dalam penelitian ini masih terdapat kendala yaitu pada sistem sambungan rantai dan gearbox sehingga daya yang dihasilkan belum optimal. Kolabarasi yang dilakukan dosen dan peneliti muda ini dengan menggunakan sampel sungai kahayan menghasilkan daya yang ditaksir 400 watt dari target 800 sampai 1000 watt.



Pembangkit listrik terapung saat ini masih sebuah prototipe atau bahan uji coba sebelum disempurnakan hingga digunakan secara massal, penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Dana penelitian ini didukung Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melalui LP2M IAIN Palangka Raya.

 

Penulis : Citrus Invisum

Program Studi Tadris Fisika merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, yang memiliki visi Unggul dan Kompetitif dalam Pengembangan Pendidikan Fisika yang Berkarakter.

Kontributor: Citrus Invisum - 7:54 PM

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Prodi Tadris Fisika

Designed by Templatezy & Copy Blogger Themes