Mahasiswa Tadris Fisika IAIN Palangka Raya ikuti Webinar Series Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 2020



Pandemi Covid-19 bukan halangan bagi mahasiswa Tadris Fisika IAIN Palangka Raya untuk berkarya, terbukti 2 mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka bersama dosen dalam kegiatan Webinar Series Pendidikan Fisika yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Adapun nama kedua mahasiswa tersebut ialah Enggar Yudistira Alauddin dan Laskaryani Cahya Ningrum, mereka berdua merupakan satu-satunya perwakilan dari Kalimantan.

Kegiatan Seminar nasional tersebut mengusung tema “Peran Pendidikan Sains untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals”. Seminar nasional ini dilakukan secara online  melalui Aplikasi Zoom pada tanggal 04 Juli 2020, kegiatan seminar terdiri dari 2 sesi yaitu sesi seminar utama dan sesi seminar parallel. Dalam sesi seminar utama diisi oleh 3 narasumer yaitu Prof. Dr. Heru Kuswanto, M.Si dari Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Jeffry Handika, M.Si dari Universitas PGRI Madiun dan Dr. Siti Sarah, M.Pd Universitas Sains Al-Qur’an.

Peserta yang hadir dalam kegiatan seminar nasional fisika FITK UNSIQ Tahun 2020 terdiri dari sekitar 200 orang. Diantaranya para Dosen, Guru, dan Mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Pada kesempatan ini mahasiswa Tadris Fisika atas nama Enggar menyajikan artikel berjudul “Pengembangan Media Animasi Menggunakan Adobe Flash CS6 untuk Pembelajaran Fluida Statis Di SMA” dan Ningrum menyajikan paper berjudul “Problem Based Learning Berbantuan EXE Learning Pada Materi Momentum dan Impuls : Dampak Berpikir Kritis dan Hasil Belajar”. Artikel yang telah dipresentasikan akan diseleksi oleh tim panitia untuk kemudian dimasukan ke jurnal terakreditasi Sinta 2 dan Sinta 5, bagi  artikel yang tidak masuk akan diterbitkan di prosiding.



Penulis : Citrus Invisum

Program Studi Tadris Fisika merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, yang memiliki visi Unggul dan Kompetitif dalam Pengembangan Pendidikan Fisika yang Berkarakter.

Kontributor: Citrus Invisum - 6:48 AM

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Prodi Tadris Fisika

Designed by Templatezy & Copy Blogger Themes