Cahaya

Cahaya digolongkan sebagai suatu bentuk radiasi. Radiasi adalah sesuatu yang memancar keluar dari suatu sumber tetapi bukan merupakan zat. Cahaya dapat dilihat mata manusia. Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnetic. Getaran ini tegak lurus terhadap arah perambatan cahaya, sehingga cahaya termasuk gelombang transversal.
Cahaya matahari dapat merambat melalui ruang hampa. Kelajuan gelombang ini adalah 300 juta m/s. Ketika kamu menyorotkan senter di tempat yang gelap tampak olehmu cahaya senter memancar lurus (tidak berbelok).
Deskripsi:

Judul: Cahaya
Format: Powerpoint
Ukuran: 1,074 MB
Tingkat: SMP
Materi: Cahaya merambat lurus, pemantulan cahaya pada cermin datar, pemantulan cahaya pada cermin cekung, pemantulan cahaya pada cermin cembung, hukum pembiasan cahaya, pembiasan pada lensa cekung, pembiasan pada lensa cembung, mata sebagai alat optik, simulasi, latihan soal, dan tes.

Screenshot:






Beberapa animasi yang ada di dalamnya adalah:

1. Pemantulan cahaya pada bidang datar yang rata (download)

 
2. Pemantulan cahaya pada cermin datar  (download)

 

3. Pemantulan cahaya pada cermin cekung: Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus.  (download)

 

4. Pemantulan cahaya pada cermin cekung: Sinar datang  melalui titik fokus dipantulkan sejajar dengan sumbu utama.  (download)

 

5. Pemantulan cahaya pada cermin cekung: Sinar datang  menuju  titik pusat kelengkungan  cermin dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan juga. (download)

 

6. Pemantulan cahaya pada cermin cembung: Sinar datang sejajar sumbu utama  dipantulkan  melalui titik fokus. (download)

 

7. Pemantulan cahaya pada cermin cembung: Sinar datang  melalui titik fokus dipantulkan sejajar dengan sumbu utama.  (download)

 

8. Pemantulan cahaya pada cermin cembung: Sinar datang  menuju  titik pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan juga. (download)

 


9. Hukum pembiasan cahaya (download)

 

Penulis : Prodi Fisika IAIN Palangkaraya

Program Studi Tadris Fisika merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, yang memiliki visi Unggul dan Kompetitif dalam Pengembangan Pendidikan Fisika yang Berkarakter.

Kontributor: Prodi Fisika IAIN Palangkaraya - 07.26

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Prodi Tadris Fisika Fakultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Designed by Templatezy & Copy Blogger Themes