Peranan Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Gerak Lurus pada Siswa Kelas VII Semester II MTsN 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2007-2008


ABSTRAKSI

Pembelajaran remedial adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan atau pengajaran yang membuat jadi baik. Oleh karena itu, pembelajaran remedial ini merupakan suatu program perbaikan siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran remedial, selain kegiatan perbaikan dilakukan juga kegiatan pengayaan hanya saja kegiatan pengayaan diberikan untuk siswa di atas kemampuan rata-rata.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam memahami gerak lurus dan prestasi belajar fisika setelah diadakan program remedial serta peranan remedial dalam meningkat prestasi belajar pokok bahasan gerak lurus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II MTsN 2 Palangka Raya dengan jumlah siswa 187 orang yang terdiri dari 6 kelas. Dari keseluruhan kelas diambil satu kelas sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas VII C yang terdiri dari 34 orang siswa yang diberi perlakuan berupa pembelajaran remedial.
Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes dan dokumentasi. Sebelum digunakan instrumen tes yang jumlahnya 40 soal terlebih dahulu di uji cobakan (try out) kepada siswa kelas VII B MTsN 2 Palangka Raya untuk soal pokok bahasan gerak lurus. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Dari hasil uji coba dan analisis data-data terpilih 22 soal yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data (18 soal gugur). Data yang diperoleh dari tes formatif I dan tes formatif II dianalisis untuk melihat tingkat kemampuan siswa serta tingkat prestasi belajar siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas VII C dalam memahami materi setelah diberi program remedial untuk subpokok bahasan gerak lurus beraturan meningkat dari 29% menjadi 73%. Dan subpokok bahasan gerak lurus berubah beraturan tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi meningkat dari 24% menjadi 67%. Berdasarkan tingkat prestasi siswa kelas VII C yang skornya di atas rata-rata meningkat dari 14 orang siswa menjadi 19 orang siswa. Untuk ketuntasan individu yang dicapai oleh siswa pada tes formatif I hanya 6 orang dan meningkat menjadi 22 orang siswa setelah tes formatif II. Dari hasil penelitian untuk ketuntasan TPK hanya 12 TPK yang tuntas dari 14 TPK dan untuk sensitivitas butir soal tergolong baik karena nilai sensitivitas nya berkisar dari 0,00 sampai 0,69. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ternyata program remedial ini sangat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar, walaupun belum mencapai maksimal, disebabkan berbagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar di samping perlakuan yang diberikan.

Selengkapnya baca di sini

Penulis : Prodi Fisika IAIN Palangkaraya

Program Studi Tadris Fisika merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, yang memiliki visi Unggul dan Kompetitif dalam Pengembangan Pendidikan Fisika yang Berkarakter.

Kontributor: Prodi Fisika IAIN Palangkaraya - 22.24

Share

& Comment

1 komentar:

Copyright © 2015 Prodi Tadris Fisika Fakultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Designed by Templatezy & Copy Blogger Themes